Wednesday, October 16, 2013

Cara Menjadi Kaya dengan Sedekah

Alkisah seorang sahabat yang memeluk Islam di awal-awal nubuwwah, beliau juga termasuk 10 sahabat nabi yang dijamin masuk Jannah-Nya. Beliau, 'Abdurrahman ibn 'Auf adalah sahabat yang juga seorang pedagang kaya pada saat di Mekkah. Pada saat turun perintah hijrah, beliau meninggalkan semua harta kekayaannya, hingga sampai di Madinah dengan tangan kosong. Lalu, beliau dipersaudarakan dengan salah seorang pedagang kaya oleh Rasulullah.
Ada satu kejadian unik pada saat pertemuan keduanya, ketika itu orang Anshar tersebut menawarkan kepadanya beberapa hal, "Sesungguhnya aku mempunyai beberapa kebun, silakan kau ambil separuhnya untukmu. Lalu aku juga punya 2 rumah, biarlah satu kuberikan untukmu. Aku juga mempunya 2 istri yang cantik jelita, pilihlah seorang yang berkenan di hatimu, dan jadikanlah istrimu."

'Abdurrahman ibn 'Auf berkata, "Tidak, kuucapkan terima kasih atas kebaikanmu. Kini, yang aku minta adalah, tunjukan aku jalan menuju pasar!"
"Namun setidaknya menikahlah dulu." Ujar sahabat dari Anshar ini,
"Insya Allah, satu bulan lagi aku menikah."
Mungkin menurut logika, mungkin akan lebih mudah memulai usaha dengan adanya kebun, rumah, dan istri. Namun tidak begitu bagi 'Abdurrahman ibn 'Auf.
Kemudian  'Abdurrahman ibn 'Auf pun memulai usahanya di Madinah dari nol. Mulanya hanya sebagai kuli angkut, lalu sebagai makelar, hingga kemudian menjadi pedagang terjujur dan tesukses di sana. Ia menghancurkan kelicikan timbangan di pasar itu dengan kejujuran Islam. Tepat 1 bulan kemudian beliau bergegas menemui Rasulullah, namun kini sebagai pedagang yang jujur dan sukses. Ia berkata dengan tersipu bahwa ia akan menikah.
Lalu, secara rutin ia berinfak dalam jumlah yang amat besar, membagikannya ke penduduk Madinah, atau membiayai pasukan perang Kaum Muslimin. Bahkan jumlah infaqnya dapat mencapai 40.000 Dinar. Bila dikonversikan ke rupiah, maka pada saat ini bisa mencapai angka 64 milyar Rupiah.
Bayangkan saja, 1 kali kesempatan berinfak, maka 64 milyar rupiah telah disedekahkannya. Subhanallah! Inilah kapasitas seorang sahabat Nabi! Inilah 'Abdurrahman ibn' Auf.

sumber : http://www.baitalkamil.org/stories/menjadi-kaya-dengan-sedekah

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar