Sunday, November 10, 2013

Rahasia Meningkatkan Kedahsyatan Otak Kanan - 13 Wasiat Terlarang

Berikut ada artikel saya copy-paste dari blognya Dinar Magzz

Sudah lama sekali saya ingin sharing terkait dengan topik kali ini. Pasalnya ini adalah buku mahal pertama yang saya beli. Biasanya cuma download ebook atau beli bajakannya, tapi kali ini memang Allah menginginkan saya sekali-kali beli originalnya saja karena ebook buku ini tidak tersedia dan versi bajakan pun jarang ditemui. Buku yang sudah saya beli mahal-mahal ini sangat tidak pantas jika hanya saya yang menikmati ilmunya, apalagi saya sering menjumpai teman yang bertanya bagaimana sih meningkatkan otak kanan itu. Untuk itulah saya berkeinginan membagi beberapa ilmu yang saya dapatkan dari buku 13 Wasiat Terlarang karya Ippho Santosa ini kepada Anda yang juga tertarik dengan pengetahuan ini.

Sebelum kita mulai latihan meningkatkan otak kanan, tentunya sangat logis sekali jika sebaiknya kita tahu terlebih dahulu apa pentingnya otak kanan agar waktu kita ini tidak sia-sia jika hanya mempelajari hal yang tidak penting dan tidak berguna. Otak kanan merupakan otak percepatan rezeki. Siapa yang sering menjaga kehidupan otak kanan maka insya Allah percepatan rezeki bisa mudah diraih. Untuk bagaimana cara meningkatkan percepatan rezeki dengan otak kanan Anda bisa kunjungi artikel 7 Keajaiban Rezeki. Kali ini kita hanya diskusi masalah otak kanannya saja.

Kalau saya bertanya siapa orang yang masih kuat otak kanannya? Insya Allah Anda pasti setuju kalau jawabannya adalah anak-anak. Otak kanan pada anak-anak tergolong masih tajam. Jika Anda bertanya kepada anak-anak tentang cita-cita, maka secara spontan mereka akan menjawab ingin menjadi dokter, pilot, presiden, superman bahkan teman sekolah saya saat kelas 2 SD ada yang ingin menjadi kura-kura ninja. Kalau dipikir pakai logika, mana mungkin orang jadi kura-kura ninja? Tapi anak-anak tidak berpikir dengan logika, mereka imajinatif dan menganggap segalanya serba mungkin, karena otak kanan mereka masih kuat dan dominan.

Pernahkah Anda melarang anak-anak untuk tidak memanjat pohon yang tinggi tapi mereka sudah sampai di tengah jalan memanjat? Itu pun juga disebabkan otak kanan mereka masih dominan. Mereka masih sangat optimis bahwa mereka pasti bisa mencapai puncak pohon, sedangkan orang dewasa terlalu memberatkan risiko, sehingga banyak orang dewasa yang akhirnya mengurungkan niat untuk “memanjat naik”.

Contoh lainnya lagi, saat saya masih anak-anak dulu sering sekali saya bermain nenek sihir memakai sapu lantai ijuk biasa. Atau minimal memegang sapu dengan bergaya seperti memegang gitar. Sampai sekarang pun saya juga mengakui bahwa sudah jelas sapu lantai tidak akan bisa terbang dan tidak bisa digenjreng seperti gitar, tapi saya seneng-seneng aja bermain seperti itu, karena memang disebabkan oleh daya imajinasi otak kanan pada anak-anak.

Contoh terakhir, Anda lihat perbedaan pembelajaran anak-anak kelas 1 SD sampai pembelajaran di kuliah. Saat guru mengajukan pertanyaan, anak-anak kecil pasti berebut ingin menjawab, walaupun dia tidak tahu apakah jawaban mereka benar atau salah. Berbeda sekali ketika dosen bertanya, boro-boro berebut menjawab, melihat mata dosen saja para mahasiswa kuatir jika ditunjuk. Karena mereka ragu-ragu apakah jawabannya benar atau salah.

Faktor lingkungan sangat berpengaruh sekali terhadap pertumbuhan otak kanan, misalnya dalam proses belajar mengajar, sering dijumpai keadaan jika ada seorang murid yang menjawab salah akan dikenai hukuman, misalnya dikurangi nilainya, atau minimal dimarahi dosen atau ditertawakan teman. Selain itu banyaknya mata pelajaran berbau otak kiri dijejalkan ke otak anak-anak. Misalnya matematika yang selalu mendominasi hari-hari sekolah. Untuk itu sebaiknya anak-anak kecil jangan terlalu dibebani orang tuanya dengan menyuruhnya kursus pelajaran setiap hari. Waktu bermain mereka itu juga penting untuk menjaga otak kanannya sampai mereka dewasa.

Ada beberapa plesetan tentang otak kanan yang bisa sedikit menggelitik pikiran, diantaranya:

- Istilah mulailah dengan yang kanan dalam agama islam bisa ditafsirkan sebagai mulailah segala sesuatunya dengan memakai otak kanan terlebih dahulu, kemudian baru anda analisa dengan otak kiri.

- Gunakan lajur kanan untuk mendahului, dalam lalu lintas, juga bisa ditafsirkan dalam kehidupan untuk mencapai percepatan rezeki. Jika Anda ingin mendahului kecepatan orang lain dalam mendapat rezeki Anda bisa gunakan otak kanan Anda.

- Right man on the right place. Bisa ditafsirkan bahwa orang yang cenderung otak kanan akan berada di posisi yang nyaman.

- Dalam bahasa Inggris, right bisa berarti benar, left bisa berarti tertinggal. Bisa Anda tafsir sendiri. Dan lain-lain.

 Sedangkan perbedaan pola pikir antara otak kanan dan kiri yang paling signifikan berdasarkan beberapa contoh di atas adalah bahwa orang yang cenderung otak kiri menganggap segala sesuatu itu harus serba logis, sedangkan orang otak kanan menganggap segala sesuatu itu serba mungkin. “Impossible is nothing (adidas)”.

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk mengoptimalkan otak kanan, mas Ippho Santosa memberi 13 Wasiat untuk meledakkan potensi otak kanan Anda yaitu sebagai berikut.

Wasiat #1 - HUMOR

Ketika Anda tertawa karena sebuah gurauan, maka pada waktu yang sama Anda mengasah kemampuan otak kanan Anda. Orang otak kiri menganggap humor itu tidak penting, tidak lucu, hanya membuang-buang waktu hanya untuk sebuah bualan. Padahal Anda sendiri pasti mengakui bahwa Anda lebih suka melihat iklan produk yang lucu-lucu (otak kanan) daripada iklan yang sifatnya agak ilmiah misalnya wawancara ke orang dan orang itu suruh ngomong tentang produk itu. Akhirnya sekarang banyak iklan yang selalu dibumbui humor (iklan axis misalnya) karena produk mereka dapat lebih diminati karena humor. Sama seperti manusia, iklan yang memakai otak kanan (humor) lebih banyak diminati dan laku keras.

Wasiat #2 – GAME

Begitu Anda berkutat dengan game tertentu, maka Anda mempertajam kemampuan otak kanan Anda. Orang yang mayoritas otak kiri berpendapat bahwa bermain adalah membuang-buang waktu. Alangkah lebih baiknya waktu itu digunakan untuk mempelajari ilmu. Namun mau percaya atau tidak ternyata bila kita analogikan ke tempat wisata, Dunia Fantasy di  Ancol itu selalu lebih ramai pengunjungnya daripada Museum Rekor Indonesia di Semarang. Sebabnya sudah jelas karena masalah game. Bahkan restoran McDonnald membentuk icon maskotnya sebuah badut bernama Ronald yang seolah-olah selalu siap diajak bermain untuk menarik lebih banyak pelanggan. Sama halnya manusia, tempat-tempat yang memasukkan unsur permainan (game) lebih banyak diminati dan laku keras.

bersambung......

sumber : http://dinarmagzz.blogspot.com/2013/05/13-wasiat-terlarang-rahasia.html

No comments:

Post a Comment

Terima Kasih sudah berkunjung dan membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar